Monday, April 2, 2012

7 Obat Infeksi Saluran Kemih (ISK) di sekitar kita

Infeksi Saluran Kemih (ISK) atau Urinary Tract Infection (UTIs) adalah keluhan yang cukup umum saat mengunjungi dokter. Penyakit ini paling banyak diderita oleh perempuan dan seringkali juga dialami lebih dari satu kali.
Gejala awal Infeksi Saluran Kemih (ISK) :
1. Rasa ingin Buang Air Kecil terus-menerus dan sedikit-sedikit.
2. Mulai timbul rasa sakit dan rasa terbakar saat selesai BAK.

Pada tingkat lanjut :
1. Sakit dan nyeri pada punggung dan pinggang.
2. Kadangkala disertai dengan demam tinggi.
3. Tidak jarang ada sedikit darah dalam urine.

Ternyata banyak hal-hal di sekitar kita yang dapat mengurangi infeksi ini. Apa sajakah itu? Cek dibawah ini.

1. Soda Kue
Soda kue umumnya dapat didapati pada setiap rumah. Soda kue bisanya digunakan sebagai bahan tambahan pembuat kue dan makanan. ISK yang belum sembuh dalam 2 hari dikhawatirkan akan menyebar ke ginjal dan menimbulkan masalah yang lebih serius. Nah, serbuk putih ini bertujuan untuk menghambat penyebaran infeksi hingga ke ginjal.
Caranya, Larutkan 1 sendok teh soda kue ke segelas air, lalu siramkan ke arah saluran kemih luar. Soda kue akan menetralisir asam dan mengurangi radang.

2. Buah Blueberry
Sebangsa buah blueberry atau cranberry, ternyata memiliki kandungan anti-bakteri alamiah. Segelas jus blackberry  segar terbukti mampu membantu mengurangi infesi termasuk ISK.

3. Buah Cranberry
Sama seperti buah blackberry, buah cranberry juga memiliki kandungan anti-bakteri yang dapat mencegah bahkan meringankan ISK. Segelas jus cranberry setiap hari juga mampu mencegah ginjal mengalami infeksi dan juga mengandung antiobiotik ringan.

4. Buah Nenas
Bromelein adalah kandungan enzim pada buah nenas. Pada beberapa study, bromelin memberikan efek yang sama pada antibiotik yang digunakan untuk meredakan ISK.

5. Air
Bila mengalami ISK, usahakan paling tidak mengkonsumsi air putih lebih banyak dari biasanya. Air dapat membantu membuang bakteri yang terdapat pada saluran kemih dan paling tidak mengurangi infeksi.

6. Vitamin C
Disarankan untuk mengkonsumsi cukup vitamin C. Vitamin C membantu meningkatkan daya tahan tubuh dan mengurangi asam pada air kemih dan mengurangi infeksi. Bahkan vitamin C dapat menjaga kesehatan ginjal.

7.  Pencegahan
Pencegahan terjadinya atau berulangnya ISK tentu harus terus dilakukan, terutama untuk selalu menjaga kebersihan dan kesehatan organ dan saluran kemih. caranya dengan selalu membasuh daerah kemaluan selasai BAK dengan air yang BERSIH. Menggunakan toilet umum dengan kloset duduk cukup beresiko, kalau bisa hindarilah untuk BAK di tempat umum yang tidak terjamin kebersihannya karena tidak dibersihkan secara teratur dan dipakai bersama-sama oleh banyak orang. Kalau BAK di tempat toilet umum  tidak bisa dihindari, alasilah kloset duduk dengan kain bersih atau tisu kering, jangan bersinggungan secara langsung.
Bawalah tisu basah atau tisu kering untuk membasuh daerah kemaluan, jangan gunakan air bak yang tidak terjamin kualitasnya atau bawalah air minum kemasan untuk membasuh.
Selalu jaga kebersihan kemaluan, pakaian dalam yang bersih dan kering (disarankan terbuat dari katun), hindari mengkonsumsi alkohol dan jaga kebersihan saat menstruasi/HAID.

---Tulisan di atas hanya sekedar anjuran kesehatan, apabila diperlukan, tetaplah mengunjungi dokter untuk mendapatkan pengobatan dan anjuran kesehatan lainnya -----

No comments:

Post a Comment